Ketika Jersey Away Lebih Menarik !

Jersey itu simbol identitas. Jadi, kebanyakan pecinta bola (yang ngakunya sejati) pasti punya jersey tim favorit dari musim ke musim. Tentu saja selain sebagai identitas diri untuk “pencitraan” layaknya kalangan legislatif, juga jadi lambang kebanggaan layaknya artis, kayak menaruh nama sendiri di jersey belakang, hahaha. Intinya, jersey jadi media kedekatan antara fans dengan tim favoritnya.

Kalau dulu jersey home (first) jadi pilihan utama, kenapa sekarang jadi trend juga ya untuk sebuah jersey away, bahkan third (3rd) jersey dari sebuah klub? Mungkin setidaknya ada tiga alasan:

  1. Jersey away jadi ajang promosi klub ketika bermain di luar kandang sehingga harus tampil elegan dan terlihat mencolok mata (?)
  2. Layaknya kehidupan asmara, yang kedua yang lebih enak, apalagi yang ketiga (?)
  3. Alasan terakhir adalah…lupakan alasan pertama dan kedua.

Jadi alasan paling logis adalah >> jersey away terlihat menarik karena menjadi media alternatif bagi klub untuk bebas berekspresi dan memodifikasi. Jersey away akan terlihat lebih ekspresif karena lepas dari kekakuan warna simbolik dari klub. Misalnya jersey away Barcelona, mulai dari warna pink, hijau muda, oren puding, hingga kuning-merah khas catalan adalah suatu bentuk ekspresif dalam mengaplikasikan nilai-nilai historis mereka yang sangat kental.

355041-870_Nike_Barcelona_Away_Jersey_Youth_zm 478326_815_Nike_Barcelona_Away_Jersey_2012_2013_zm images      01287998381bfd1b2f401280338677634a7f94

 

Saya sebagai fans tim Meriam London pun lebih suka dengan jersey away dari tahun ke tahun (curhat). Lihat aja nih keren-keren. Mulai dari warna biru, ungu, hingga kuning mewarnai perjalanan jersey away Arsenal dari masa ke masa.

 

Replica Kitsfsas

 

Anyway, jersey away jugalah yang kadang menjadi sebab para fans membenci manajemen klubnya. Contoh aja fans Inter yang marah ketika jersey away mereka berwarna putih dengan dominasi merah, bahkan pernah mendominasikan warna merah di musim berikutnya. Kenapa marah dengan merah? Tentu saja selain tidak mencerminkan warna klub, juga kontradiktif dengan rival terdekat mereka, AC Milan.

 

Red-Inter-Milan-Kit-12-13inter-milan-away-07-08_zps784d017f

 

So, jersey away ini tidak bisa diremehkan sama sekali. Pemilihan warna sampai motif seharusnya di-launch sesuai filosofi klub. Apalagi, filosofi adalah tujuan jangka panjang klub yang sudah dianut para fans. Fans jugalah yang akan menghidupi klub dengan penjualan jersey tersebut. Namun, kekuatan utama jersey away ini adalah ketika awayday berlangsung, dukungan dari para awayboys-lah yang menjadi sumber kekuatan klub ketika bermain di luar kandang mereka. Bravo, away !

Tentang ynrmslh

penutur kata . gooner layar kaca . anak muda jogjakarta
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s