Rumor (Transfer) – Butiran Debu (Fans)

Menanti musim pertandingan tiba adalah yang paling dinanti seorang fans sepakbola. Namun, masa pra musim yang lebih ditujukan pada aktivitas transfer pemain atau dikenal dengan bursa transfer adalah masa yang lebih ditunggu-tunggu. Mengapa? Karena di titik jeda inilah seorang fans menunggu siapakah skuad tim kesayangan mereka di musim mendatang. Bisa jadi, harapan dan kenyataan akan bisa diputuskan sejak dari awal musim ketika bursa transfer telah ditutup dan dimulai lagi pada pertengahan musim.

Kebanyakan fans sepakbola tentu saja mencintai klub dengan gelar yang banyak dan budjet klub yang melimpah. Biasanya, klub dengan banyak fans tersebut seolah ingin membuktikan kebesaran nama mereka di depan fans, dengan menunjukkan keaktifan di masa transfer pemain. Memperkuat skuad, memperbesar nama, dan menggaet sponsorship untuk sebuah proses transfer tentu menunjukkan betapa besarnya efek dari bursa transfer ini.

Kalau diamati lebih rinci, setiap klub punya kebijakan transfer tersendiri. Walaupun tak bisa kita ketahui apa rencana mereka di musim mendatang, namun kebijakan yang diambil dari tahun ke tahun menunjukkan suatu pola kebijakan yang khas dari mereka. Klub kaya raya seperti klub Sugar Daddy atau klub dengan pemilik tunggal yang memiliki dana suntikan segar seperti Chelsea, Man.City, PSG, maupun klub dengan financial model government seperti Real Madrid dan Barcelona tentu saja memiliki proses transfer yang hampir sama dan sepadan. Biasanya tim-tim itu sering menggaet pemain bintang langsung dengan tawaran besar disertai dengan publikasi di media internal klub maupun media massa tempat liga mereka bernaung.

Media seperti terlibat sebagai pihak yang meramaikan aktivitas transfer. Lebih tepatnya sering dikenal dengan “rumor transfer”. Rumor yang dimunculkan media terkadang belum sampai pada klub, agen, bahkan pemain yang diberitakan. Hal tersebut seolah-olah terkandung pesan provokatif bahwa seorang pemain akan meninggalkan suatu klub ataupun datang pada suatu klub. Tentu saja akan didengar oleh pihak klub lain yang ingin memboyongnya. Tawaran nilai transfer pun mulai naik dan semakin meramaikan bursa transfer seorang pemain. Aktivitas inilah yang menarik untuk dinikmati dari hari ke hari, tentang bagaimana seorang agen bersikap pada media massa, maupun seringnya bantahan yang terjadi dari pihak klub dalam isu mendatangkan pemain baru, dan masih banyak sisi lain dari proses transfer yang biasa didengar dalam berita transfer.

Sisi lain ini memang tak layak kita dapatkan, itu urusan dari pihak yang bersangkutan. Namun, bisa menjadi proses untuk menikmati sepakbola lebih manusiawi dan riil. Alangkah baiknya jika fans sejati tak layak menjelekkan kegagalan klubnya dalam mendatangkan pemain idaman yang sudah terekspose luas di media massa. Alangkah baiknya bila sebuah rumor hanya ditanggapi layaknya menyaksikan rumor dalam infotainment. Yap, wajar sepakbola juga merupakan sebuah panggung entertainment. Di balik semua yang tampak dalam mata telanjang ataupun yang kita pikirkan tentang kebijakan transfer, pastilah pihak klub dan agen pemain akan sangat lebih sibuk pada masa-masa seperti saat ini. Football is a game, a game for competition, competition for all🙂

Tentang ynrmslh

penutur kata . gooner layar kaca . anak muda jogjakarta
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s